Fakultas Kedokteran UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) mengadakan pertemuan antara pimpinan Fakultas  pada tanggal 4 Februari 2022. Pertemuan dihadiri Dekan FKUI Prof Dr. dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian dan Kemahasiswaan Prof. Dr. dr. Dwiana Ocviyanti, SpOG (K), MPH, Wakil Dekan Bidang Sumber Daya, Ventura dan Administrasi Umum dr. Anis Karuniawati, PhD, SpMK(K), Sekretaris Pimpinan Fakultas Dr. dr. Yuli Budiningsih SpF, dan Coordinator and Regional Ambassador The Association of Academic Health Centers International (AAHCHI) South East Asian Prof. Dr. dr. Budi Iman Santoso, SpOG (K) dan staf dari International Relation Officer dan AAHCI. Sedangkan dari FK UIN  dihadiri oleh  Dekan, Wakil Dekan Bidang Akademik, Wakil Dekan Bidang Administrasi Umum dan Keuangan, Wakil Dekan Bidang Kerjasama dan Kemahasiswaan, serta  Prodi Pendidikan Profesi Dokter.

Pembahasan diawali oleh kerjasama AAHCI ini dimana FK UIN Jakarta sudah menjadi anggota dari AAHCI sejak tahun 2021 bersama dengan FKUI. Dengan bergabungnya FK UIN dalam AAHCI ini diharapkan RS pendidikan utama RSUP Fatmawati, RS Haji Jakarta  dapat  menjadi Centre of Excellence bersama 8 RS pendidikan jejaring lainnya membentuk Academic Health Centre yang terus ditingkatkan kontribusinya kepada masyarakat. Dengan cakupan area yang meliputi JABOTABEK dan beragam jenis pelayanan perlu dikelola secara lebih sinergis sehingga kualitas, efektifitas, dan efisiensi  pelayanan dapat terus ditingkatkan, begitu pula dengan adanya AAHCI ini kerjasama dalam dan luar negeri juga dapat lebih terjalin.

Pembahasan yang lain  adalah  mengenai rencana pembukaan program studi spesialis (Sp1) FK UIN Syarif Hidayatullah. FKUI yang pada saat berdirinya menjadi pengampu dari FK UIN,  sangat mendukung hal tersebut dan bersedia menjadi pendamping dalam pembukaan program studi spesialis. Program studi spesialis yang diusulkan adalah  Obstetri Ginekologi, Ilmu Penyakit Dalam dan Ilmu Kesehatan Anak dan Bedah,  Anestesiologi dan Pulmonologi  yang kebutuhannya spesialisnya masih tinggi di Indonesia.

Mudah-mudahan rencana kerjasama FK UIN Jakarta dengan FKUI ini bisa terjalin dengan baik dan lancar, sehingga semua yang direncanakan segera terwujud.(FNA)

Share This