Masjid Al Jami’ah – Student Center (22/5). Dekan Fakultas Kedokteran Hari Hendarto berkesempatan memberikan taushiyah ramadhan usai melaksanakan shalat zuhur berjamaah.

Dalam taushiyahnya, Dekan Fakultas Kedokteran menjelaskan manfaat puasa bagi kesehatan. Bahwa puasa Ramadhan selain merupakan perintah Allah SWT yang diwajibkan kepada umatnya yang beriman, juga merupakan ibadah yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Puasa Ramadhan dapat meningkatkan kesehatan secara jasmani maupun rohani tutur Dekan yang juga spesialis penyakit dalam ini.

Kecenderungan manusia adalah seringkali baru merasakan pentingnya sesuatu, setelah sesuatu itu hilang termasuk kesehatan. Sehari-hari manusia sibuk menghiasi jasmani dengan pakaian yang indah-indah, tapi rohani terlupakan. Adanya kesehatan yang terpadu dengan keindahan rohani, itulah yang harusnya dicapai dalam hidup ini, dan itulah makna dari tujuan puasa.

Dalam kesempatan yang sama pula, Dekan Hari Hendarto menyampaikan bahwa segala yang dimiliki kita baik jabatan, keluarga, harta dan kesehatan adalah merupakan titipan Allah SWT yang tidak perlu disombongkan, karena pada waktunya titipan itu akan diambil atau akan ditinggalkan.

Sebagai penutup, Dekan Hari Hendarto tidak lupa berdoa semoga puasa Ramadhan tahun ini bisa membawa keberkahan, dan manfaat baik secara jasmani maupun rohani.

Share This