Sebanyak 12 mahasiswa dari berbagai jalur penerimaan (SNMPTN, SBMPTN, Mandiri dan Kerjasama Daerah) pada program studi pendidikan profesi dokter FK UIN Jakarta telah menyelesaikan seluruh kegiatan pembelajaran, lulus dalam ujian kompetensi nasional dokter UKMPPD dan dinyatakan layak untuk mendapatkan gelar dokter.

Bertempat di Auditorium Prof. M.K Tadjuddin (23/1), FK UIN Jakarta menggelar Sumpah Dokter Angkatan ke-32 yang diikuti oleh 12 orang dokter, 7 dokter pria dan 5 dokter wanita. Yang khusus dalam sumpah dokter kali ini adalah terdapatnya dua lulusan dokter yang merupakan peserta program beasiswa kerjasama Kementerian dan Pemerintah Daerah yaitu dr. Fahmi Fachrurozi peserta Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) Kementerian Agama RI dan dr. Sandy Rahmando peserta Program Beasiswa Santri dari Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (MUBA) serta satu lulusan dokter yang merupakan mahasiswa asing dari negara Thailand, Charifa Sama.

Turut hadir dalam acara sumpah kali ini adalah Rektor UIN Jakarta yang diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Zulkifli, M.A; Direktur Utama RSUP Fatmawati yang diwakili oleh Direktur Umum, SDM dan Pendidikan, Bp. G. K. Wirakamboja, SKM, MPS; Direktur Medik dan Keperawatan RSPG Cisarua Bogor dr. Ida Bagus Sila Wiweka, Sp.P; perwakilan rumah sakit jejaring yang merupakan bagian dari Komite Koordinasi Pendidikan (KOMKORDIK) RSUP Fatmawati dan FK UIN Jakarta antara lain RS. Bhayangkara Tk.I R. Said Sukanto (POLRI), RS. Ketergantungan Obat Jakarta, RS. Jiwa dr. Soeharto Heerdjan Grogol, RS. dr. H. Marzuki Mahdi Bogor, RS. dr. Sitanala Tangerang, RSUD Kota Tangerang Selatan; perwakilan IDI Wilayah Banten dr. Fajar Siddiq, MARS; dan perwakilan Dinas Pendidikan Pemerintah Kabupaten MUBA.

Wakil Rektor Zulkifli dalam sambutannya menyampaikan bahwa secara pribadi beliau bangga dengan lulusan FK UIN Jakarta yang dikenal di berbagai rumah sakit sebagai lulusan yang prakteknya baik dan mampu membawa nama baik almamater.

“Saya pribadi bangga dengan komentar para stakeholder pengguna lulusan FK UIN Jakarta yang menyebutkan bahwa dokter lulusan FK UIN Jakarta adalah dokter yang bermental kuat dan rajin. Ke depan ada beberapa hal penting yang harus diingat oleh para dokter baru antara lain bahwa RS. Haji Jakarta sekarang sudah menjadi bagian dari UIN Jakarta sejak Desember 2019. Ke depannya, RS Haji Jakarta akan dikembangkan menjadi RS Pendidikan FK UIN Jakarta yang dalam pengembangannya nanti tentu akan sangat membutuhkan partisipasi dokter alumni FK UIN Jakarta. Selain itu alumni FK UIN Jakarta juga wajib menyebarkan distingsi keunggulan lulusan FK UIN Jakarta dimanapun mereka berada. Seperti prinsip restoran Padang, kalau anda puas silahkan beritahu orang lain namun bila anda belum puas silahkan beri masukan pada kami selaku pengelola.” papar Wakil Rektor Zulkifli menekankan kembali pentingnya distingsi lulusan FK UIN Jakarta sebagai keunggulan utama.

Di tempat yang sama, Direktur SDM dan Pendidikan G.K Wirakamboja menambahkan bahwa kerjasama FK UIN Jakarta dan RS Fatmawati telah lama terjalin dan ke depan diperlukan pengembangan penelitian yang lebih intensif selain yang selama ini sudah berjalan baik yaitu proses pendidikan dokter muslim sesuai visi misi FK UIN Jakarta. Direktur Wirakamboja juga mengingatkan kepada para dokter baru ini semua bukan akhir, namun menjadi awal karir sebagai dokter yang mengabdi pada negara dimana sesudah lulus sudah ada tugas pelayanan dan pengabdian yang menanti para dokter baru untuk segera berkiprah di masyarakat.

Angkat sumpah dilakukan dengan pembacaan sumpah bersama seluruh dokter baru dipandu oleh rohaniawan dr. Ahmad Azwar Habibie, M.Biomed dan Dekan FK UIN Jakarta dr. Hari Hendarto, Sp.PD-KEMD, Ph.D dimana di dalam sumpah dokter termuat sumpah seorang dokter untuk selalu memberikan yang terbaik kepada pasien tanpa melihat latar belakang pasien dengan tetap berpegang teguh kepada Allah swt.

“Pada hari ini, kalian resmi dipanggil dokter dan mulai hari ini juga kalian menyandang amanah berat sumpah dokter untuk seumur hidup kalian.” papar Dekan Hari Hendarto seselesainya pengucapan sumpah oleh para dokter baru diiringi tepuk tangan hadirin, undangan dan para orang tua di ruang auditorium.

Acara yang dihadiri oleh sivitas akademika FK UIN Jakarta antara lain Wakil Dekan Administrasi dan Umum Fika Ekayanti, Wakil Dekan Akademik Flori Ratna Sari, Ketua Program Studi Pendidikan Profesi Dokter Femmy Nurul Akbar, Sekretaris Program Studi Pendidikan Profesi Dokter Risahmawati, Sekretaris Program Studi Pendidikan Kedokteran Marita Fadhilah dan beberapa dosen pengajar ini ditutup dengan acara doa dan foto bersama serta ramah tamah. (frs)

Share This