Fakultas Kedokteran UIN Syarif Hidayatullah Menduduki Peringkat ke 8 Kelulusan Firstaker Ujian CBT UKMPPD Tahun 2020, demikian laporan dari Panitia Nasional Ujian Kompetensi ( PNUK) Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan tentang pelaksanaan Ujian Nasional Program Profesi Dokter ( UKMPPD) berupa ujian Computer Based Test ( CBT) dan Objective Structured Clinical Examination (OSCE) . Ujian Computer Based Test ( CBT) adalah salah satu ujian kompetensi untuk seluruh mahasiswa Pendidikan profesi dokter di Indonesia setelah mereka menyelesaikan pendidikan tahap profesi , sebelum secara resmi berhak mendapat gelar Dokter.

Selama tahun 2020, PNUK menyelenggarakan sebanyak 3 kali ujian yaitu periode Februari, Agustus dan November 2020. Sebanyak 73 Fakultas kedokteran di seluruh Indonesia mengikuti ujian tersebut. Selama kurun waktu 2020 Fakultas Kedokteran UIN Syarif Hidayatullah menduduki peringkat 8 dari 73 Fakultas Kedokteran yang mengikuti ujian tersebut, dengan persentase kelulusan firsttaker 96,25%.

Bahkan persentase kelulusan OSCE UKMMPD FK UIN Syarif Hidayatullah pada tahun 2020 adalah 100%, dari total jumlah mahasiswa FK UIN yang mengikuti UKMPPD baik OSCE maupun CBT sepanjang tahun 2020 sebanyak 80 orang mahasiswa.

Kelulusan UKMPPD keseluruhan OSCE dan CBT baik firstaker dan retaker pada tahun adalah 90,22 %, dengan hanya tersisa tiga retaker. Pencapaian seperti ini dimana sebagian ujian dilaksanakan ditengah pandemi Covid -19 adalah merupakan salah bukti bahwa proses Pendidikan di FK UIN semakin baik dan terarah. Kelulusan mahasiswa dalam UKMPPD merupakan salah satu indikator kualitas pendidikan di Fakultas Kedokteran.

Semoga keberhasilan yang telah diraih dapat dipertahankan dan sebisa mungkin ditingkatkan di masa yang akan datang. FNA/RIS

Share This