Pada tanggal 31 Agustus – 2 September 2021 telah diselenggarakan kegiatan  pelatihan Clinical Teacher yang diadakan secara online oleh FK UIN  Syarif Hidayatullah Jakarta bekerja sama dengan Departemen Pendidikan Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI). Pelatihan yang berlangsung selama 3 hari ini  yang diikuti oleh 42  dosen pendidik atau pembimbing  klinis  dari  Rumah Sakit  Pendidikan Utama RSUP Fatmawati dan 9 rumah sakit jejaring lainnya  serta dosen FK UIN yang membimbing dokter muda atau  mahassiwa  Program Studi Pendidikan Profesi Dokter

Clinical Teacher atau dosen pembimbing klinik  memiliki peran yang sangat penting dalam dunia pendidikan kedokteran  karena perannya yang ganda yaitu dapat  sebagai mentor dalam memfasilitasi pengembangan kemampuan profesionalisme mahasiswa juga sebagai  supervisor yang membimbing dan mengarahkan mahasiswa  secara penuh atau dikenal dengan istilah  supervisi  tingkat tinggi yang  melatih kemampuan kompetensi dalam situasi klinik dalam setting yang sebenarnya dengan tetap menjaga keselamatan pasien.  Clinical teacher juga  menjadi panutan bagi para mahasiswa profesi dokter  sebagai serta sebagai   narasumber dalam transfer pengetahuan dan keterampilan.

Pelatihan Clinical Teacher  dilakukan secara tatap muka daring melalui aplikasi zoom dan dibuka   oleh Dekan Fakultas Kedokteran UN Syarif Hidayatullah Jakarta. Sesi pelatihan clinical teacher  ini terbagi dalam dua tahap setiap harinya yaitu pretask atau pembelajaran mandiri dan kegiatan tatap muka  dengan narasumber dari FKUI  yang sangat berpengalaman dan kompeten  dalam bidang Pendidikan Kedokteran seperti Prof dr. Pradana Suwondo, SpD-KEMD, Prof, dr Anwar Jusuf, SpP (K)  dan sebagainya.  Pretask atau pembelajaran mandiri  dilaksanakan melalui platform online course IMERI (OCI) FKUI . Setiap peserta terdaftar pada platform learning management system (LMS) online course IMERI (OCI) yang berisi soal pre-test, video pembelajaran dan bahan bacaan yang diperlukan selama kegiatan pelatihan berlangsung.

Materi pelatihan daring  melalui aplikasi Zoom Clouds Meeting  mencakup Pengembangan Humanisme dan Profesionalisme, Prinsip Pembelajaran dan Pengajaran Klinis, Microskills Teaching serta Workplace Based Assessment yang dilakukan dengan mereview materi pada pembelajaran mandiri dan yang kemudian langsung dipraktekkan sehingga para peserta lebih memahami materi yang sedang dipelajari. Kegiatan pelatihan berlangsung dengan sangat baik dan menarik  dimana terdapat interaksi antara pelatih atau narasumber ,  peserta juga  sangat aktif membahas pengalaman dan kendala yang pernah di hadapi peserta lalu  mencari solusinya sehingga  peserta menjadi  sangat memahami materi yang disampaikan dan dapat langsung di praktekkan pada kasus sehari-hari. Pada penutupan   diumumkan peserta terbaik pada kegiatan pelatihan ini.

Melihat pentingnya peranan Clinical Teacher dalam dunia pendidikan kedokteran, pengembangan dan peningkatan kemampuan staf pendidik evidence based practice dan pengembangan kepakaran dan keahlian sesuai bidang ilmu  maka Pelatih ClinicalTteacher akan terus diselenggarakan  secara berkala setiap tahun sekali  di FK UIN Jakarta. (FM/FNA)

Share This