Percepatan vaksinasi nasional yang dilakukan Gernas Majelis Ulama Indonesia (MUI) bekerja sama dengan Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta dan lembaga-lembaga lain yang terkait baik dari pemerintah, organisasi profesi dan organisasi masyarakat sukses menggelar program vaksinasi massal untuk masyarakat umum di Student Center (SC) UIN Jakarta pada hari Ahad, 29 Agustus 2021. Sebanyak dua ribu lebih vaksin disiapkan dalam kegiatan ini.

MUI yang menjadi koordinator pelaksana gerai vaksin MUI di UIN Jakarta menjelaskan kegiatan vaksinasi ini dilakukan dalam upaya MUI mendukung program vaksinasi yang dicanangkan pemerintah agar masyarakat sebanyak mungkin bisa divaksinasi. Awalnya dua ribu dosis vaksin disiapkan untuk kegiatan ini, namun melihat antusias masyarakat yang mendaftar dari tautan daring yang disiapkan oleh panitia akhirnya diputuskan untuk menambah lima ratus dosis vaksin dengan total dua ribu lima ratus dosis vaksin yang disiapkan dalam kegiatan ini. Kegiatan vaksinasi dibuka mulai pukul 08.00 WIB pagi sampai pukul 16.00 WIB. Jenis vaksin yang digunakan dalam kegiatan ini menggunakan vaksin Sinovac. Acara berjalan lancar dan tertib atas kerjasama dari peserta vaksinasi dan petugas yang ada di lapangan. Total peserta vaksinasi pada kegiatan ini lebih dari dua ribu seratus peserta.

Secara umum, banyak peserta lansia dan remaja usia 12-18 tahun yang mengikuti kegiatan vaksinasi ini. Peserta vaksinasi remaja menjadi sorotan dikarenakan persiapan kegiatan belajar mengajar (KBM) tatap muka yang akan diselenggarakan pada beberapa daerah segera dimulai. Vaksinasi bagi remaja usia 12–17 tahun merupakan jaminan keberlangsungan KBM tatap muka. Dengan terbentuknya kekebalan kelompok, terutama di satuan pendidikan, diharapkan penyebaran Covid-19 bagi lingkungan pendidikan ini, bisa diminimalisir. (DNI/FNA)

Share This