Aris Rivaldi Wicaksono dan Putri Rahma Ajizah mewakili mahasiswa Prodi Profesi Dokter FK UIN Jakarta, melakukan presentasi oral pada sesi poster 2nd AIMPID yang diselenggarakan oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) cabang Jawa Barat yang bekerja sama dengan Unit Koordinasi Kerja Infeksi dan Penyakit Tropis. Acara bertemakan Global Action Plan on Antimicrobial Resistance, Management of Vaccine-prevented Infectious Disease, Prevented and Management Congenital Infectious in Global Universal Coverage ini diadakan dalam bentuk simposium dan workshop serta presentasi poster studi penelitian dan case report pada tanggal 20 – 21 April 2019.

Dalam kesempatan ini, Aris Rivaldi Wicaksono, di bawah bimbingan Staf bagian Pediatri Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Fatmawati, Debbie Latupeirissa dan Lanny Christine Gultom berkesempatan mempresentasikan poster laporan kasus dengan judul Sindrom Rekonstitusi Imun pada Anak HIV dengan Imunodefisiensi Berat dan Gizi Buruk. Sementara pada sesi yang sama, rekan Aris, Putri Rahma Ajizah, di bawah bimbingan Debbie Latupeirissa dan Mochammading mempresentasikan laporan kasus mengenai Penyakit Jantung Rematik pada Remaja.

Pada simposium IDDW yang diselenggarakan tanggal 26 – 27 April 2019 di Hotel Borobudur Jakarta, mahasiswa Prodi Profesi Dokter Megawatti Latenriolle juga mempresentasikan posternya yang berjudul The Proportion of Esophagitis Patients Based on Endoscopic Examination at Haji Jakarta Hospital 2015 – 2019. Poster ini merupakan hasil penelitian skripsi dari Megawati yang dibimbing oleh dosen FK UIN Jakarta Femmy Nurul Akbar, Fransisca A. Tjakradidjaja, Hari Hendarto dan Sayid Ridho.

“Partisipasi beberapa mahasiswa dalam simposium AIMPID dan IDDW ini merupakan fasilitasi bersama antara Program Studi Pendidikan Profesi Dokter FK UIN Jakarta dan RSUP Fatmawati dalam rangka menambah publikasi penelitian dan meningkatkan partisipasi mahasiswa dalam kegiatan ilmiah.” papar Kaprodi Profesi Dokter, Femmy Nurul Akbar saat mendampingi mahasiswa presentasi.

Share This