Pada tanggal 19 Maret 2020, Kementerian Kesehatan membuka rekrutmen tenaga kesehatan yang dilakukan melalui Ikatan Dokter Indonesia (IDI) untuk dokter sebagai relawan dalam penanganan COVID-19. Pada tanggal 25 Maret 2020, alumni FK UIN Syarif Hidayatullah yang baru lulus pada periode November 2019 mendaftarkan diri sebagai relawan dokter untuk ditempatkan di RS khusus COVID-19, RS Wisma Atlet. Mereka adalah dr. Zata Yuda Amaniko dan dr. M. Azmi Awaluddin. Pada tanggal 30 Maret 2020, mereka dipanggil untuk melakukan medical check up dan mulai bertugas pada tanggal 31 Maret 2020. Pada tanggal 6 April 2020, dr. Muthiah Miftahul ikut bergabung menjadi relawan.

   

dr. M. Azmi Awaluddin                     dr. Zata Yuda Amaniko                                    dr. Muthiah Miftahul

Menjadi relawan untuk penanganan pasien COVID-19 merupakan tugas yang berat yang membutuhkan kesiapan fisik dan mental yang kuat selama bertugas. Keteguhan hati alumni FK UIN Syarif Hidayatullah yang mengikuti program ini sangat berarti bagi sivitas akademika FK UIN Syarif Hidayatullah khususnya dan bagi negara Indonesia. Hal ini ditunjukkan dari Konsil Kedokteran Indonesia (KKI) yang memberikan penghargaan dengan memperhitungkan tugas sebagai relawan sebagai bagian dari masa internsip.

Sivitas akademika FK UIN Syarif Hidayatullah ikut bangga terhadap lulusannya yang memiliki kepedulian yang tinggi untuk memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi bangsa Indonesia.

Ya Allah, lindungilah para alumni FK UIN Syarif Hidayatullah yang menjadi relawan COVID-19 dan berikanlah kemudahan mereka menjalani tugasnya. Aamiiin…  (FE)

Share This