Bertempat di Ruang Rapat Utama Lantai 2 Gedung Fakultas Kedokteran dan Fakultas Ilmu Kesehatan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Program Studi Kedokteran menggelar rapat koordinasi untuk persiapan semester genap 2019/2020 (28/1). Pembelajaran di FK UIN Jakarta yang menggunakan sistem modul dengan cara pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) melibatkan berbagai macam metode pengajaran meliputi kuliah narasumber, temu pakar mingguan, praktikum terintegrasi bidang ilmu, diskusi kelompok (DK), ketrampilan klinik dasar (KKD), diskusi topik khusus (DTK), sesi aktif mandiri dan sesi pembelajaran longitudinal riset serta integrated moslem doctor bioempathy (IMDB). Dengan begitu banyaknya metode pengajaran dalam satu modul di setiap angkatan mahasiswa maka diperlukan koordinasi intensif antara prodi kedokteran, tim pengelola modul, Medical Education Unit dan staf tata usaha.

“Semoga dengan pertemuan ini koordinasi kita menjadi lebih baik terutama antara prodi, tim modul dan MEU berkaitan dengan konten pembelajaran dan penilaian karena ada 2 kurikulum yang berjalan bersamaan yaitu kurikulum lama dan kurikulum 2019. Selain itu, koordinasi juga diperlukan antara prodi dan staf terutama dalam memastikan sarana dan prasarana pendukung pembelajaran berjalan baik dan lancar terutama memastikan alat-alat digital dan pembagian ruangan. Khusus tanggal 4 sd 16 Februari 2020, karena ada kegiatan OSCE UKMPPD maka lantai 5 disterilkan dari mahasiswa selama tanggal itu dan kegiatan DK dialihkan ke ruangan lain.” papar Ketua Program Studi Kedokteran Dr. dr. Achmad Zaki, Sp.OT, M.Epid sambil melakukan pengecekan jadwal.

Selama semester genap ini, prodi kedokteran akan menjalankan 12 modul reguler, 2 modul longitudinal terintegrasi di samping perkuliahan MKDU reguler. Acara yang dihadiri oleh Wakil Dekan Akademik dr. Flori Ratna Sari, Ph.D; Wakil Dekan Administrasi dan Umum dr. Fika Ekayanti, M.Med.Ed, DFM; Ketua dan Sekretaris Program Studi Kedokteran Dr. dr. Achmad Zaki, Sp.OT, M.Epid dan dr. Marita Fadhilah, Ph.D; Ketua dan Sekretaris Program Studi Pendidikan Profesi Dokter dr. Femmy Nurul Akbar, Sp.PD-KGEH dan dr. Risahmawati Ph.D; Ketua dan Anggota Medical Education Unit dr. Fransisca A. Tjakradidjadja, M.S, Sp.GK dan dr. Erfira, Sp.M; Ketua IMDB dr. Mahesa Paranadipa Maikel, M.H; Ketua Medical Research Unit (MRU) drg. Laifa Annisa Hendarmin, Ph.D; Kepala Laboratorium Chris Adhiyanto, M.Biomed, Ph.D; Ketua Tim Modul Semester Genap dr. Devy Ariany, M.Biomed, Rr. Ayu Fitri Hapsari, S.Si, M.Biomed, Auliyani Andam Suri, M. Biomed, dr. Alyya Siddiqa, Sp.FK; beserta Kepala Bagian Dra. Siti Sugiarti, Kepala Sub Bagian Administrasi, Umum dan Keuangan Iin Marlina, SE, MM serta seluruh staf ditutup dengan doa bersama agar semester genap dapat berjalan dengan lancar.(frs)

Share This