FK UIN menyelenggarakan kembali rapat pembahasan kepaniteraan klinik yang diadakan setiap tahun. Tahun ini kegiatan diadakan pada tanggal 27 April 2021.

Tema yang diusung kali ini adalah pembahasan akhir Revisi Buku Pedoman Modul dan Buku Log Kepaniteraan Klinik serta Pengaturan Kepaniteraan Klinik Pada Era Tatanan Baru. Terdapat 24 buku pedoman modul yang dievaluasi dan direvisi yang terdiri dari 4 buku pedoman modul kepaniteraan mayor (Ilmu Kesehatan Anak, Ilmu Bedah , Obstetri dan Ginekologi serta Ilmu Penyakit Dalam), 11 modul minor ( THT, Mata, Kulit, Neurologi, Forensik , Kardiologi, Pulmonologi, Emergensi, Psikiatri, Geriatri dan Anestesi), 6 modul elektif ( Farmakologi, Family Medicine, Adiksi NAPZA, Medical Education, Rehabilitasi Medik , Radiologi) dan modul Ilmu Kesehatan Komunitas juga modul khusus Integrated Moslem Doctor and Bioethics (IMDB 4/Healthy Santri) dan IMDB 5 (Sharia Hospital).

Direktur Utama RS Haji UIN Jakarta, Direktur Utama RSUP Sitanala dan direktur Pelayanan Medik RSPG. Dekan dan semua wakil Dekan FK UIN hadir dalam rapat ini. Selain itu hadir hampir 100 orang peserta yang terdiri Prodi Pendidikan Profesi Dokter, Prodi Kedokteran, Medical Education Unit (MEU) dan Kepala Bagian Klinik FK UIN, Komkordik RS Pendidikan Utama RSUP Fatmawati , Tim Kordik RS Jejaring juga seluruh ketua Komite Staf Medik (KSM) atau Staf Medik Fungsional (SMF) beserta Koordinator Pendidikan dari semua RS Pendidikan dan jejaring FK UIN yaitu RSUP Fatmawati, RS Paru dr. Gunawan Partowidigdo Cisarua, RS dr. Soeharto Heerjan Grogol, RS Bhayangkara Tk1 dr Soekanto Polri ,RS Marzuki Mahdi, RS Ketergantungan Obat Jakarta, RSUP dr. Sitanala, RSUD Kota Bekasi, RSUD Kota Tangsel dan RS Haji UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Rapat diawali sambutan dekan FK UIN dr Hari Hendarto, PhD, SpPD-KEMD, penyampaian materi tentang Pengaturan Peserta Didik di RS Pendidikan pada Era Tatanan Baru oleh Ketua Asosiasi RS Pendidikan Indonesia dr. Andi Wahyuningsih Attas, SpAn (K) yang juga merupakan direktur utama RS Haji UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Acara selanjutnya adalah paparan dari Kaprodi Pendidikan Profesi Dokter dr. Femmy Nurul Akbar, SpPD -KGEH tentang kegiatan Kepaniteraan Klinik Program Studi Pendidikan Profesi Dokter.

Ketua Komite Koordinasi Pendidikan (KOmkordik) RSUP Fatmawati-FK UIN-RS Jejaring dr Nursanti Subakir,SpRad (K) juga memberikan paparan tentang Peran Komkordik dalam Kepaniteraan Klinik dan diakhiri oleh paparan dari Medical Education Unit tentang Urgensi Revisi Modul serta penjelasan khusus pelaksanaan modul klinik terkait kondisi Pandemi Covid 19.

Sesi diskusi berlangsung interaktif dengan pembahasan diskusi fokus pada pembahasan masukan dan saran dari semua peserta rapat untuk perbaikan pelaksanaan kepaniteraan klinik untuk mahasiswa Profesi Dokter.

Setelah penyajian materi dan paparan selesai, acara dilanjutkan dengan pembahasan revisi modul klinik. Kegiatan berlangsung secara daring dengan membagi peserta ke dalam 8 Breakout Room diskusi. Setiap ruangan membahas 2-4 modul klinik yang dipandu satu orang staf Medical Education Unit (MEU), reviewer berasal dari tim modul dari Fakultas Kedokteran UIN dan perwakilan tim modul dari semua RS pendidikan.

Hasil diskusi berupa rekomendasi atau revisi modul yang sudah disepakati oleh RS pendidikan maupun jejaring sehingga menjadi buku pedoman modul yang sama untuk kepaniteraan di wahana pendidikan manapun. Buku Pedoman modul segera bisa disahkan dan selanjutkan dapat digunakan oleh seluruh mahasiswa Pendidikan profesi dokter dalam menjalankan Kepaniteraan Kliniknya di semua stase di RS Pendidikan dan jejaring. (FNA)

Share This