Pada hari Senin 19 April , Dekan FK UIN menerima kunjungan Direktur Utama RSUP dr. Sitanala Tangerang dr H. Afrizal Hasan, MKM ke FK UIN. Kunjungan ini merupakan kunjungan silaturahmi sekaligus perkenalan dengan kepala Rumah Sakit yang baru menjabat lima bulan yang lalu. Pada pertemuan ini Bapak Direktur menyampaikan beberapa hal diantaranya adalah konsep RSUP Dr. Sitanala kedepan untuk menjadi Rumah Sakit Umum tipe A di wilayah Tangerang, sekaligus juga menyampaikan wacana tentang RS Penyakit Infeksi Sulianti Saroso yang rencananya akan dipindah berdampingan satu lokasi dengan RSUP dr. Sitanala tersebut.

Sebelum menjadi RSUP rumah sakit ini merupakan rumah sakit khusus RS Kusta dr. Sitanala, dengan adanya arahan Kementerian Kesehatan untuk menjadikan RSUP dr Sitanala dari tipe C menjadi tipe A , saat ini sedang dilakukan pembangunan dan pengembangan Medical Check Up Centre, Stroke Unit Centre, Rehabilitasi dan Traumatologi dan sebagainya.

Pada kesempatan ini pula direktur RSUP Sitanala yang datang bersama tim Koordinasi Pendidikan yang juga KaBag SDM dan Diklit, drg Satriyo mengajak FK UIN untuk berkerjasama lebih luas lagi dengan mengadakan kepaniteraan klinik bagi koas /dokter muda FK UIN untuk berbagai stase seperti neurologi, kardiologi juga emergency, sehingga tidak hanya berupa kunjungan sehari / observasi ke Pusat Rehabilitasi Kusta seperti yang sudah dijalankan selama ini.

Pada akhir pertemuan disepakati adanya tindak lanjut untuk perluasan kepaniteraan koas FK UIN di RSUP Sitanala, karena memang FK UIN saat ini membutuhkan tempat untuk menjalankan kepaniteraan yang lebih banyak karena aturan protokol kesehatan dimasa pandemi covid yang mengharuskan pembatasan jumlah koas di satu rumah sakit.

Dengan demikian terbuka peluang RS Sitanala menjadi tambahan wahana bagi pendidikan koas FK UIN kedepannya, dan koas juga akan mendapat kesempatan dan juga pengalaman yang lebih banyak lagi dengan bertambahnya RS jejaring yang ada. (FNA)

Share This