Fakultas Kedokteran UIN Syarif Hidayatullah Jakarta adalah salah satu dari tiga Fakultas dan Prodi Kedokteran di bawah koordinasi Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Kementerian Agama RI. Didirikan dengan cita-cita untuk mengintegrasikan nilai Islam pada bidang-bidang umum seperti kedokteran dan sains dan untuk menjadi wadah pemuda Islam dan santri untuk menjadi yang terdepan dalam ilmu termasuk kedokteran, FK UIN Jakarta diharapkan mampu berkoordinasi dengan baik di bawah pembinaan dua kementerian yaitu Kemenristekdikti dan Kemenag RI.

Dalam rangka meningkatkan koordinasi jalannya fakultas kedokteran dalam lingkungan PTKI, maka pada Kamis (27/6) Fakultas Kedokteran UIN Jakarta mengundang Direktur Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) Prof. Dr. Arskal Salim GP, MA, Ph.D untuk menyampaikan arahan terkait dengan pengembangan FK di bawah PTKI ke depan.

“Sebagai pengembangan dari FKIK, di samping prestasi kinerja unit yang sudah dicapai, masih ada tersisa banyak PR yang harus diselesaikan seperti pengembangan sumber daya manusia dosen maupun staf dari aspek akademik dan kepangkatan, peningkatan atmosfir akademik dan penelitian, peningkatan jumlah publikasi dan peluang kerjasama dalam maupun luar negeri. Dalam pengembangan ini sangat dibutuhkan peran dan arahan PTKI sehingga ke depan bisa menjadi lebih baik lagi. Apalagi dari sisi output sudah didapatkan perbaikan prestasi lulusan, dimana dua batch terakhir lulusan OSCE FK UIN Jakarta mencapai 100%.” papar Dekan dr. Hari Hendarto, Sp.PD-KEMD, Ph.D

Dekan juga melanjutkan bahwa tuntutan terhadap pengembangan kualitas fakultas kedokteran dari Kemenristekdikti juga semakin tinggi meliputi kemandirian dalam fasilitas penelitian dan juga lahan pembelajaran RS Pendidikan.

Menanggapi ini, Direktur PTKI Arskal Salim menyampaikan bahwa masih perlu koordinasi lebih intensif lagi antara direktorat dan fakultas utamanya kedokteran dan sains mengingat fakultas umum relatif baru di PTKI dan dari segi jumlah masih sedikit.

”Ke depan akan lebih banyak lagi pengembangan yang akan dilakukan untuk fakultas kedokteran dan sains baik dari segi pendidikan termasuk skema beasiswa master lanjut doktor untuk dosen maupun pengembangan penelitian dimana banyak pihak luar negeri ingin bekerja sama dengan fakultas kedokteran dan sains PTKIN.”

Acara yang dihadiri oleh Wakil Dekan, Kaprodi dan Sekprodi, Kepala Bagian Keilmuan, Ketua Unit dan Kepala Bagian beserta staf ini ditutup dengan kunjungan Direktur PTKI pada tempat perkuliahan FK UIN Jakarta. (frs)

Share This